Penelitian ini mengkaji tentang media pembelajaran bahasa Arab dalam bidang teknologi yaitu kamus digital. Dengan perkembangan teknologi pada masa sekarang sangat memungkinkan untuk mendapatkan informasi secara cepat, akurat serta efisien. Kamus digital adalah salah satu dari banyaknya teknologi yang sedang berkembang pada masa sekarang yang mana untuk memudahkan dalam menerjemahkan suatu kata atau kalimat. Media pembelajaran berbasis teknologi saat ini dipilih sebagai salah satu solusi untuk dapat menambah wawasan dan kemampuan dalam berbahasa Arab atau hifdzul mufrodah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VII-1 Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda terhadap media pembelajaran berbasis teknologi berupa kamus digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Subjek penelitian ini adalah siswa, pengumpulan data diperoleh melalui instrumen penelitian berupa wawancara dan observasi. Kemudian analisis dari penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah jenis media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan adalah smartphone yang menggunakan aplikasi kamus digital. Adapun kendala yang dihadapi secara internal dalam proses tersebut adalah gaya belajar siswa. Sedangkan secara eksternal kendala datang dari kekurangan fasilitas.
Copyrights © 2022