Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Membangun Paradigma Maritim Melalui Pembelajaran Sejarah Kemaritiman Untuk Mendukung Paradigma Pembangunan Indonesia

Eka Siwi Nurhayati (Republic of Indonesia Defense University)
Widodo Widodo (Republic of Indonesia Defense University)
Budiman Djoko Said (Republic of Indonesia Defense University)
Pujo Widodo (Republic of Indonesia Defense University)
Herlina Juni Risma Saragih (Republic of Indonesia Defense University)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Pembelajaran sejarah dapat menumbuhkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dan siswa selaku generasi penerus bangsa terhadap nilai dan budaya bahari Indonesia. Namun fenomena saat ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah maritim di sekolah masih minim dan terkesan membosankan. Permasalahan yang akan diangkat dalam penulisan adalah urgensi dan relevansi serta peran pembelajaran sejarah maritim dalam membangun paradigma maritim sebagai paradigma pembangunan Indonesia; Metode dalam tulisan ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan; Dalam penerapannya, pembelajaran sejarah maritim mengalami beberapa hambatan dari aspek historiografis, pedagogis dan geografis. Pembelajaran sejarah maritim di sekolah memberikan manfaat kepada peserta didik untuk memahami arti penting laut terhadap perkembangan bangsa Indonesia, dan membentuk karakter peserta didik melalui nilai-nilai budaya maritim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...