MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Volume 2 Nomor 1 Maret 2023

Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Mujiyanto, Mujiyanto (Unknown)
Diana, Nirva (Unknown)
Abas, Erjati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMA N 16 Bandar Lampung melalui pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai teknik dalam mengumpulkan datanya. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen pemasaran melalui bauran atau strategi pemasaran marketing mix pada jasa pendidikan sebagai alat bantu taktis promosi produk keunggulan sekolah dengan 7P (process, pshycal evidence, people, promotion, place, price, and product) sudah berjalan cukup baik dalam meningkatkan kepuasan pelanggannya di SMA N 16 Bandar Lampung. Meningkatnya jumlah peserta didik setiap tahun menjadi bukti dari pernyataan tersebut. Terdapat tiga unsur yang mendominasi bauran pemasaran dalam memberikan pengaruh pada kepuasan pelangganya seperti pada program unggulan bidang akademik dan non-akademik. Adapun biaya yang harus dikeluarkan merupakan pran serta masyarakat atau sumbangan biaya pendidikan dari hasil di rapat antara orang tua wali dan pihak sekolah serta sebagian biaya gratis yang di berikan oleh pemerintah. Lokasi sekolah cukup strategis terdapat di kota bandar lampung dan dekat perumahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education

Description

MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Manajemen Pendidikan , Manajemen dan Pendidikan . Jurnal ini diterbitkan oleh STAI Ma`arif Kalirejo Lampung Tengah dengan EISSN : 2828-8009 dan terbit berkala ...