Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran sistem kopling sepeda motor yang berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa semester III program studi pendidikan teknik otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Metode pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan untuk menguji keefektifan produk tersebut (Sugiono, 2015: 407). Selanjutnya langkah-langkah penelitian dan pengembangan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Data 3) Desain Produk 4) Validasi Desain 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk 8) Uji Coba Penggunaan 9) Revisi Produk 10) Produksi Massal dengan jumlah responden sebanyak 30 mahasiswa semester 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian berupa angket. Analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan tabel persentase. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan minat belajar siswa semester 3 pada mata pelajaran teknologi sepeda motor, prodi pendidikan teknik otomotif sebelum menggunakan media pembelajaran, hasil minat belajar mencapai persentase 75% dan setelah menggunakan media pembelajaran. menggunakan media pembelajaran hasil minat belajar mengalami peningkatan mencapai persentase 88%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021