JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 4 No. 2 (2022): JIPM

Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan

Nunung Wahyu Puspita (MI Salafiyah Wareng)
Teguh Wibowo (Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 2 siswa yang telah dipilih secara purposive yaitu siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Instrumen yang peneliti gunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah pertama memenuhi semua indikator dari kemampuan berpikir kritis. Kata kunci: berpikir kritis, penyelesaian masalah, pola bilangan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...