Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN 13 PADANG GELANGGANG

Fadhilah (Universitas Negeri Padang)
Yeni Erita (Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang)
Diana Gusti Alfiyanti (Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang)
Yusrani Fitri (Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan konsep pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 19 siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 8 perempuan. Hasil belajar siswa meningkat dari 52,63 pada siklus I menjadi 84,21 siklus II dengan kategori baik, menunjukkan hasil penelitian ini sudah tercapai. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 13 Padang Gelanggang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...