Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 11, No 1 (2023): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB

Susan Maulani (Universitas Islam Nusantara)
Revita Yanuarsari (Universitas Islam Nusantara)
Setianingsih Eka Wardian (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak. Adapun tujuan dari penelitian ini secara umum untuk memperoleh gambaran tentang upaya meningkatkan keterampilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B Kober Al Barokah Bandung sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menggambar menggunakan metode tanya jawab keterampilan berbicara anak dapat meningkat. Pada kondisi awal presentase ketuntasan anak mencapai 15%, pada siklus I presentase ketuntasan anak mencapai 35%, dan pada siklus II presentase ketuntasan anak mencapai 95%. Sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni 70%, dapat diketahui bahwa kondisi awal, siklus I dan II belum mencapai target yang ditetapkan, maka dari itu peneliti melanjutkan pada siklus II. Pada siklus II indikator ketercapaian mencapai 95%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelompok B di Kober Al Barokah Bandung. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara; Tanya Jawab; Menggambar; Anak Usia Dini AbstractThis research was motivated by the low level of children's speaking skills. The purpose of this study in general is to obtain an overview of efforts to improve children's speaking skills. This research is a classroom action research (CAR) with a descriptive qualitative approach which is carried out in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. The research subjects were 20 children of group B Kober Al Barokah Bandung. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results of the study show that through drawing activities using the question and answer method children's speaking skills can improve. In the initial conditions, the percentage of children's completeness reached 15%, in the first cycle, the percentage of children's completeness reached 35%, and in the second cycle, the percentage of children's completeness reached 95%. According to the performance indicator that has been set, namely 70%, it can be seen that the initial conditions, cycles I and II have not reached the target set, therefore the researcher continues in cycle II. In cycle II the indicator of achievement reached 95%. The conclusion of this study is that through drawing activities using the question and answer method can improve the speaking skills of group B children at Kober Al Barokah Bandung. Keywords: Speaking Skills; Questions and Answers; Drawing; Early Childhood

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...