Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pedidikan (JARTIKA)
Vol. 4 No. 2 (2021): Juni

Model Pembelajaran Cooperatif Terhadap Hasil Belajar Matematika

kiki riska ayu kurniawati (universitas islam negeri mataram)
Farah Heniati Santosa (Universitas Nahdlatul Wathan)
Samsul Bahri (Universitas Nahdlatul Wathan)
Diana Selfi Widiana (6Universitas Islam Negeri Mataram)
Nurlailah Nurlailah (Universitas Islam Negeri Mataram)
Maetik Maetik (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah meta-analysis, yaitu metode yang menggunakan data hasil-hasil penelitian yang telah terpublis. hasil penelitian bersumber dari databes yang telah terindeks Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Kriteria inklusi dan ekslusi dalam penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan model pembelajaran kooperatif, dan hasil belajar matematika, data yang diperoleh kemudian ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data menggunakan software JASP, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar peserta didik dengan estimasi dampak sebesar 0,50, dengan kata lain pengaruh model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar siswa berpengaruh sebesar 50% yang termasuk kategori sedang. begitu juga dengan hasil analisis variabel moderator pada klasifikasi per jenjang pendidikan. Ini berarti implementasi model pembelajaran Cooperatif terhadap hasil belajar matematika siswa bisa dikatakan tepat jika digunakan disemua jenjang pendidikan, terutama pada jenjang SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jartika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Focus and Scope: (1) Theoretical studies, research, and development of teaching materials, activities, models, or learning media in the field of education including mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, ...