Kehidupan masyarakat baru-baru ini berubah sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi. Siswa Indonesia memiliki pilihan untuk menghadiri sekolah menengah kejuruan, yang dianggap sebagai pendidikan menengah kejuruan . Tujuan dari penelitian ini menerapkan pembelajaran case-method dan project based learning Mesin Bubut Kelas XI Teknik Mesin SMK N 1 Sumatra Barat. Bentuk pada riset ini Quasi Experimental Design Research dengan Subjek yang diambil sebanyak 60 orang siswa. Hasil penelitian memperlihatkan analisis data nilai post-test diuji dengan pengujian independent sample t test terlihat nilai dari sig 0,003 artinya 0,003 < 0,005. Pada hasil tersebut dapat diketahui model belajar project-based learning dan case method berpengaruh hasil belajar murid telah berhasil diimplementasikan di kelas XI Teknik Pemesinan SMK N 1 Sumbar. Kedua, hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah menerapkan pembelajaran case-method dan project based learning di peroleh rata-rata penilaian sebesar 83. Perolehan nilai akhir ini meningkat dari sebelumnya rata-rata nilai 75. Ketiga, sikap keaktifan, motivasi, minat belajar, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab pada belajar Teknik Mesin Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMKN 1 Sumbar di peroleh rata-rata nilai sikap kelas kontrol 80 dan kelas esperimen 82. Keempat, keterampilan dan kreatifitas siswa belajar Teknik Mesin Bubut Kelas XI Teknik Permesinan SMKN 1 Sumbar, diperoleh jumlah nilai di control class bernilai 82 dan experimental class bernilai 86.
Copyrights © 2023