Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 2 No. 1 (2019)

Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Scaffolding

Nanik Susilowati (Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia)
Rochmad Rochmad (Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia)
Ani Rusilowati (Universitas Negeri Semarang, Jl. Kelud Utara III, Semarang-50237, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Artikel ini berisi tentang beberapa konsep kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran learning cycle7Edengan scaffolding pada pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kritis adalah sebuah kemampuanyang membantu menafsirkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menyajikan materi secara logis dan berurutan. Beberapa indikator kemampuan berpikir kritis adalah Interpretasi yaitu memahami dan mengekspresikan arti atau signifikansi berbagai macam pengalaman, situasi, data, peristiwa, penilaian,konvensi, kepercayaan, aturan, prosedur, atau kriteria, Analisis yaitu mengidentifikasi hubungan inferensialantara pernyataan, pertanyaan, konsep, deskripsi, atau lainnya, yaitu Evaluasi berarti menilai kredibilitaspernyataan atau representasi deskripsi persepsi, pengalaman, situasi, penilaian, kepercayaan,atau opini untuk menilai secara logis, Inferensi berarti mengidentifikasi dan elemen yang diperlukan untuk menarik kesimpulan yang masuk akal, untuk membentuk dugaan dan hipotesis, Eksplanasi sebagai penjelasan yang dapat meyakinkan dan cara yang masuk akal hasil penalaran seseorang. Model pembelajaran Learning Cycle 7E adalah model konstruktivis yang menyediakan pembelajaran berbasis konsep. Model pembelajaran Learning Cycle 7E memotivasi peserta didik menggunakan pengetahuan yang telah dimiliki untuk mengeksplorasi suatu subjek hingga membangun informasi baru. Scaffolding adalah bantuan yang memungkinkan peserta didik untuk mengelola tugas mandiri, dan bantuan untuk membawa peserta didik mencapai kompetensi dan menyelesaikan tugas secara mandiri. Model pembelajaran Learning Cycle dengan Scaffolding dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...