Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2023): Juni 2023

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Dea Della Rosa (Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang)
Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa (Unknown)
Novaliyosi Novaliyosi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Kemampuan siswa diukur dari pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru, siswa dapat mengerjakan soal/menjawab soal-soal tergantung dari seberapa besar kemampuan siswa memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan indikator, yaitu written text, drawing, dan mathematical expression. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis, yaitu soal tes yang diberikan berupa 3 (tiga) soal uraian. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam matematika, karena merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai pondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Terdapat beberapa faktor yang sama yang mempengaruhi tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa diantaranya siswa masih sulit untuk memberikan alasan untuk jawabannya, siswa masih sulit membuat gambar dan mengekspresikan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematik. Selain itu, kepercayaan diri juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...