Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 2 No. 1 (2019)

Inovasi Pembelajaran Seni Sekolah Dasar Berbasisi Kearifan Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0

Andi Imrah Dewi (Unknown)
Andi Ardiansyah (Unknown)
Hendriana Sri Rejeki (Unknown)
Andi Nurul Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian fokos pada konsep pendidikan seni berbasis kearifan Lokal di Era Revolusi Industri4.0 ,sebagai wujud interaksi sosial masyarakat Sulawesi Tengah . Adapun Tujuan dari penelitian iniadalah Menganalisis Gerak sebagai Simbol Tari Pontanu Suku Kaili Sulawesi Tengah hubunganya padanilai budaya leluhur Suku Kaili Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatifdeskriftif dengan pendekatan etnokorologi, dengan tehnik Pengumpulan data, observasi, wawancara,dan dokumentasi .Hasil Penelitian ini mengarah pada penemuan makna simbolik Gerak Tari Pontanuyang terdiri dari Sembilan ragam gerak, Tari Pontanu dalam salah satu gerak inti dari ragam TariPontanu adalah gerak nagaleronga dalah merupakan gerakan inti yang dilakukan dengan cara melingkarsambil mengulung benang yang makna simbolik geraknya melambangkan roda kehidupan, berkaitanpada simbol isi alam semesta, Nilai nilai luhur yang merupakan wujud kepribadian dan prilaku manusiayang sabar,tekun, Tangung jawab, disiplin, gotong royong (bekerja sama), dan konsisten.Konseppengendalian diri dalam memaknai kehidupan yang saling membutuhkan antara satu dan lainya yangdimulai dari keluarga dan lingkungan sosial masyarakat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...