Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 3 No. 1 (2020)

Analisis Potensi Pembelajaran Biologi Secara Online Menggunakan Google Classroom Sebagai Wahana untuk Melatihkan Literasi Digital

Sarini Rahayu (Unknown)
Devi Puspitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2021

Abstract

Aplikasi e-learning banyak digunakan dan berkembang saat ini dalam dunia pendidikan yaitu pada saatpandemik covid 19 salah satunya yang digunakan aplikasi Google classroom. Platform terbaiki yangdigunakan adalah aplikasi Google classroom. Google classroom digunakan sebagai wahana untukmelatih literasi digital pada peserta didik Sekolah Menenggah Atas. Google Classroom kemudiandiimplementasikan pada pelajaran Biologi dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu ataumedia proses belajar mengajar serta menigkatkan literasi digital. Adapun Metode yang digunakandalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan skala presentase. Selainitu Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Subjek penelitian yaitu siswa SekolahMenengah Atas Tunas Patria Ungaran Kabupaten Semarang Kelas X dengan jumlah 24 responden.Hasil penelitian ini menunjukkan dari respoden yang dikategorikan sangat baik dengan tingkatpersentase rata -rata sebesar 79% sehingga dapat disimpulkan pemanfaatan Google classroom dalamproses pembelajaran Biologi dapat melatih literasi digital

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...