Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Keterkaitan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemandirian Belajar Pada Sekolah Menengah

Ali Wardana (Universitas Negeri Semarang)
YL Sukestiyarno (Universitas Negeri Semarang)
Wardono Wardono (Universitas Negeri Semarang)
Amin Suyitno (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Hubungan Berpikir kritis dengan pembelajaran matematika merupakan hubungan yang sangat erat dan kuat, karena kemampuan berpikir kritis memberikan arahan yang lebih tepat kepada siswa dalam berpikir, bekerja, menyelesaikan masalah dan membantu lebih akurat dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan lainnya. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemandirian Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dan regresi sedehana. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Paguyangan Kelas II Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian berupa adanya keterkaitan kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar, hal ini dapat dilihat dari uji regresi sederhana antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Jadi penelitian ini telah terbukti bahwa kemandirian belajar mempunyai keterkaitan dengan kemampuan berpikir kritis yang diartikan semakin tinggi kemandirian belajar maka kemampuan berpikir kritis semakin baik. Sebaliknya jika kemandirian belajar rendah maka kemampuan berpikir kritis semakin menurun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...