Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Pembelajaran Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar Berbasis Tahfizhul Quran di Salatiga

Imam Mas Arum (Universitas Islam Negeri Salatiga)
Ida Zulaeha (Universitas Negeri Semarang)
Rahayu Pristiwati (Universitas Negeri Semarang)
Haryadi Haryadi (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan (MP) di SD berbasis Tahfzhul Quran di Salatiga; (2) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi MP; dan (3) cara mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas 1 SD berbasis Tahfzhul Quran di Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dikerjakan dengan cara: a)observasi, b)wawancara mendalam, dan c) analisis dokumen. Sampling ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pembelajaran MP di SD berbasis Tahfzhul Quran di Salatiga melibatkan komponen siswa, guru, tujuan, bahan ajar, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Berbagai komponen itu saling mempengaruhi; (2) hambatan dalam pembelajaran MP di SD berbasis Tahfzhul Quran di Salatiga berupa hambatan internal dan eksternal; (3) pengatasan hambatan internal diupayakan melalui proses pembelajaran, sedangkan hambatan eksternal diupayakan melalui proses di luar komponen proses pembelajaran MP di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...