Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Kontribusi dan Kendala Menggunakan Model Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Regulated Learning Dan Self-Confidence

Lala Nailah Zamnah (Universitas Negeri Semarang)
Kartono Kartono (Universitas Negeri Semarang)
Rochmad Rochmad (Universitas Negeri Semarang)
Emi Pujiastuti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Mengetahui dan menganalisis kontribusi serta kendala yang dihadapi ketika menggunakan model self-directed learning terhadap kemampuan pemahaman matematis, self-regulated learning dan self-confidence merupakan tujuan dari penelitian. Penelitian dilaksanakan di salah satu universitas di jawa barat pada program studi pendidikan matematika tingkat 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket self-regulated learning dan self-confidence, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Proses pembelajaran self-directed learning berkontribusi pada kemampuan pemahaman matematis, self-regulated learning dan self-confidence siswa. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran self-directed learning ini antara lain masih terdapat mahasiswa yang belum bisa mengikuti proses pembelajaran, belum merencanakan kegiatan dan komponen pembelajaran serta masih ada mahasiswa yang belum mampu mengutarakan pendapat atau idenya selama diskusi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...