Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 5 No. 1 (2022)

Analisis Gaya Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Basic Reading Comprehension di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bale Bandung

Yayu Sri Rahayu (Universitas Negeri Semarang)
Januarius Mujiyanto (Universitas Negeri Semarang)
Suwandi Suwandi (Universitas Negeri Semarang)
Sri Wuli Fitriati (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini menguji strategi pembelajaran yang disukai siswa yang terdaftar di kelas basic Reading Comprehension di program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung. Penelitian deskriptif ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian adalah angket dan tes pemahaman bacaan. Dalam penelitian ini, dua kuesioner dibagikan. Kuesioner VARK (Versi 8.01) asli mewakili gaya belajar visual (V), aural (A), baca/tulis (R), dan kinestetik (K) (K) dengan enam belas pertanyaan dengan empat pilihan jawaban, dan Indeks Gaya Belajar ( ILS). Empat dimensi digunakan untuk mengklasifikasikan kuesioner ini: aktif atau reflektif, visual atau verbal, sensitif atau intuitif, dan sekuensial atau global. Ini menampilkan 44 pertanyaan dengan dua pilihan jawaban masing-masing. Dalam analisis data, penulis mengklasifikasikan kategorisasi gaya belajar berdasarkan angket dan hasil tes pemahaman bacaan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang mengikuti Kelas Basic Reading Comprehension. Menggunakan cluster sampling, 57 mahasiswa dari dua kelas, Kelas 2A dan 2B kelas Basic Reading Comprehension, dipilih. Berdasarkan kuesioner VARK, penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa di kelas 2A dan 2B memiliki gaya belajar yang bervariasi. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa di kelas tersebut dapat secara efektif mengikuti proses pembelajaran dengan memanfaatkan strategi visual, aural, baca/tulis, dan kinestetik. Berdasarkan angket ILS, terlihat bahwa sebagian besar mahasiswa di kelas 2A dan 2B memiliki gaya belajar visual, yang berarti mereka lebih suka belajar dengan bantuan gambar, grafik, dan video karena mampu mengasimilasi materi secara lebih efektif. Sedangkan hasil tes pemahaman bacaan, nilai rata-rata visual 77.4 aural 71.2 baca/tulis 66.2 dan kinestetik 65.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...