Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar pada mata kuliah pelurusan rambut. Kemandirian belajar merujuk pada kemampuan seorang individu untuk mengatur dan mengendalikan proses belajar secara mandiri tanpa bantuan eksternal yang signifikan. Prestasi belajar mengacu pada hasil yang dicapai oleh mahasiswa dalam mata kuliah pelurusan rambut, termasuk pemahaman konsep, keterampilan praktis dan keberhasilan dalam mengaplikasikan teknik pelurusan. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian survey dengan melakukan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan keluarga kekhususan tata rias angkatan 2019 yang sebelumnya telah mengikuti dan mengambil mata kuliah pelurusan rambut, sampel yang digunakan ialah sebanyak 22 orang mahasiswa S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga kekhususan tata rias, teknik penarikan sampel yang digunakan ialah menggunakan teknik purposive sampling, teknik analisis data yang dilakukan dengan melakukan uji regresi dan korelasi hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif angtara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah pelurusan rambut. Kata kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Pelurusan Rambut, Tata Rias.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023