Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

HUBUNGAN SIKAP SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS STUDI PADA SISWA KELAS V UPT SD INPRES 12/79 LONRAE KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Adnan, Adnan (Unknown)
Fani, Astri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap sosial dengan prestasi belajar IPS (Studi Pada Siswa Kelas V UPT SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V UPT SD Inpres 12/79 Lonrae dengan jumlah sampel 50 siswa menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Sikap sosial dengan rata-rata sebesar 80,30 dan pada kategori baik dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 82,60 dan pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara sikap sosial dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V dengan koefisien sebesar 0,695 dan berada pada kategori hubungan kuat. Korelasi antara sikap sosial dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V menujukkan rhitung ≥ rtabel (0,695 ≥ 0,284) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian terdapat hubungan yang signifikansi antara sikap sosial dengan prestasi belajar IPS (Studi Korelasi Pada siswa kelas V UPT SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone). Keywords: Sikap Sosial, Prestasi Belajar IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...