Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

HUBUNGAN PEMBERIAN UANG SAKU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 69 ITTERUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE

Sudirman, Sudirman (Unknown)
Mujahidah, Mujahidah (Unknown)
Rahmah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kolerasional simetris yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan antara pemberian uang saku dengan minat belajar siswa kelas tinggi SDN 69 Itterung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 69 Itterung berjumlah 51 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 51 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil statistik deskriptif hasil penelitian pemberian uang saku memperoleh rata-rata sebesar 63,10 dan persentase sebesar 83,48% dengan kategori sangat baik. Sedangkan minat belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 63,33 dan persentase sebesar 80,79% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil statistik inferensial menunjukkan ≥ (0,582 ≥ 0,276) pada taraf signifikansi 5% . Dengan demikian diterima dan ditolak. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian uang saku dengan minat belajar siswa kelas tinggi SDN 69 Itterung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yang tergolong sedang pada kategori 0,40- 0,599.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...