Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan strategi directed reading thinking activity untuk bisa mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif pada murid kelas III A SD Negeri Minasa Upa Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri dan meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III A SDN Mianasa Upa Makassar melalui strategi Directed Reading Thinking Activity berbantuan gambar seri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clas Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebayak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflelksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas III A SD Negeri Minasa Upa Makassar sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) aktivitas siswa siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata yang diperoleh adalah dengan kriteria 26.3 dengan kriteria sangat baik. Pada siklus II dengan skor yang diperoleh sebanyak 27.87 dengan kriteria sangat baik; b) keterampilan membaca intensif siswa pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh  72.6 dengan presentase ketuntasan yang dicapai adalah 55.5% dengan sebanyak 15 siswa sudah mencapai ketuntasan dan 12 siswa lainnya belum. Pada siklus II rata rata yang diperoleh adalah 85.3 dengan presentase ketuntasan sebesar 100% dengan 27 siswa atau seluruh siswa sudah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan melalui strategi directed reading thinking activity berbantuan gambar seri mampu meningkatkan aktivitas siswa, dan keterampilan membaca intensif siswa kelas III A SDN Minasa Upa Makassar.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023