Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Isna Iskandar (Unknown)
Bahrun Amin (Unknown)
M. Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan angket. Sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar yang berjumlah 23 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata sebelum dilakukan perlakuan, diketahui hasil angket literasi siswa yaitu 38,22 dan angket minat baca siswa yaitu 35,61 sedangkan setelah dilakukan treatment, maka diketahui hasil angket literasi siswa yaitu 61,96 dan angket minat baca siswa yaitu 65,61. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis melalui uji-t dengan menggunakan uji Paired samples T-Test dapat dikatakan berpengaruh apabila nilai (2. Tailed) lebih kecil dari 0,05. Setelah dilakukan uji Paired samples T-Test menujukkan bahwa nilai thitung variabel literasi = -14,684 dan nilai sig.(2- tailed) = 0,000 dengan  taraf  signifikansi α = 0,05. Dengan ttabel dilihat pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 dengan derajat kebebasan (df) 23-1 = 22, hasil diperoleh untuk ttabel = 2,073. Sedangkan nilai thitung variabel minat baca = -12, 304 dan nilai sig.(2- tailed) = 0,000 dengan  taraf  signifikansi α = 0,05. Dengan ttabel dilihat pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 dengan derajat kebebasan (df) 23-1 = 22, hasil diperoleh untuk ttabel = 2,073. Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan literasi dasar terhadap minat baca siswa kelas V SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...