Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Pengaruh Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Menggunakan Kontextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Lajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sd Inpres Tala’borong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa

Mursyidatun Khairiyah (Unknown)
Muhajir (Unknown)
Muliati Samad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pra-Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Inpres Tala’borong dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 0rang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu Test dan Angket. Data ini dianalisis dengan teknik analisis inferensial dan analisis statistik korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air  menggunakan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Inpres Tala’borong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan Uji-t, dapat diketahui bahwa thitung sebesar 27,424 dengan (dk) sebesar 24  pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel 2,063, maka thitung > ttabel = 27,424 > 2,063 maka diperoleh 0,001 < 0,05 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan dari hasil analisis statistik korelasi pada hipotesis uji-t diperoleh nilai rhitung 0,531 dan rtabel 0,396  pada taraf signifikansi 0,05 (5%), maka rhitung > rtabel =  0,531 > 0,396. Maka dapat dikatakan bahwa rhitung bersifat positif dengan kata lain terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan nilai rhitung yaitu 0,531 yang diperoleh maka kriteria kekuatan hubungan variabel X dan variabel Y dikatakan cukup besar atau cukup kuat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...