Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Roda Pintar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Romanglasa Kacamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan media roda pintar mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri Romangasa Kacamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sd Negeri Romanglasa sebanyak 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar matematika siswa secara individual dari 31 siswa hanya 15 siswa yang tuntas atau 48,4% dan yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa atau 51,6%. Secara klasikal belum tuntas dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 71,2. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa secara individual dari 31 siswa terdapat 28 siswa yang tuntas atau 90,4%, dan 3 siswa tidak tuntas atau 9,6%, secara klasikal sudah tuntas dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 80,9. Sehingga peneliti menarik kesimpulan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Roda Pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Copyrights © 2023