Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya
Vol 13, No 2 (2023): (Mei 2023)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIII MTs AL-KHAIRAT KOTA GORONTALO

Nancy Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Wenny Hulukati (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Hamid Isa (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2023

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran bagi peserta didik agar secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan untuk dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Proses pembelajaran matematika memerlukan pemikiran yang luas serta pemahaman yang baik dalam proses memecahkan masalah. Siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal cerita pada materi SPLDV karena, biasanya siswa hanya mengahafal rumus, jadi ketika soal yang diberikan berbeda dengan contoh siswa mengalami kesulitan untuk menyelesaikannya. masalah pokok yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, untuk itu peneliti merumuskan masalahnya, sebagai berikut: Bagaimana mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan model problem based learning yang baik untuk materi SPLDV di kelas VIII MTs Al-Khairat Kota Gorontalo? penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau disebut juga Research dan Development (RD) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan Four-D (4-D) yang terdiri dari define, design, develop, and disseminate. (1) Tahapan define terdiri dari tahap yaitu         tahap analisis awal-akhir, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis perumusan tujuan pembelajaran, (2) Tahapan design atau perancangan terdiri dari 4 tahapan yaitu  perancangan awal LKS, pengunaan langkah-langkah model pembelajaran PBL dalam bahan ajar LKS, penyajian bahan ajar LKS atau draft 1 dan terakhir menyiapkan angket penilaian validator ahli serta penilaian angket respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar                 LKS, (3) Tahapan develop atau pengembangan terdiri dari 4 tahap, pada tahap pertama adalah pembuatan bahan ajar LKS di Microsoft Word 2020, selanjutnya adalah penilaian ahli yang terdiri dari 4 dosen dan 3 guru matematika, setelah penilaian validasi akan dilakukan perbaikan atau revisi bahan ajar LKS sesuai saran dari para validator ahli agar bahan ajar layak untuk digunakan dan dapat di uji cobakan pada kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 orang siswa MTs Al-Khairat Kota Gorontalo.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBSP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: - Indonesian Language - Indonesian ...