EDUKASI
Vol 21, No 1 (2023): EDISI MEI 2023

Penggunaan Multimedia Matematika Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan MCPS dan Mathematical Habits of Mind Siswa Sekolah Dasar

Wahid Umar (Universitas Khairun)
In Hi Abdullah (Universitas Khairun)
Hasanuddin Usman (Universitas Muhammadiyah Maluku Utara)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Mathematical Creative Problem Solving (MCPS) melalui penggunaan multimedia matematika interaktif bagi siswa SD. Penelitian kuasi eksperimen dengan posttest control group design ini melibatkan 136 siswa kelas IV dan V dari dua jenjang Sekolah Dasar Negeri di Kota Tidore Kepulauan, yang masing-masing terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi: butir soal tes kemampuan MCPS dan mathematical habits of mind (MHM). Data penelitian untuk skor tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan MCPS dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalur dan Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan MCPS dan disposisi MHM secara signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan multimedia matematika interaktif (kelas eksperimen) dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional (kelas kontrol) berdasarkan kedua level sekolah (tinggi dan sedang). Hasil Penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan MCPS siswa SD yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia matematika interaktif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kedua level sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...