Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 5, No 1 (2023): Februari

Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice

Ahmat Sudir Umar (SMA Negeri 1 Tibawa)
Astin Lukum (Universitas Negeri Gorontalo)
Windi Dilapanga (Universitas Negeri Gorontalo)
Akram La Kilo (Universitas Negeri Gorontalo)
La Ode Aman (Universitas Negeri Gorontalo)
La Alio (Universitas Negeri Gorontalo)
Kostiawan Sukamto (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Wahab Pahrun (SMA Negeri 1 Telaga)



Article Info

Publish Date
27 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia kelas XI IPA SMA N 1 Telaga Biru. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrument yang dilakukan adalah tes diagnostik Three Tier Multiple Choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru dengan jumlah sampel sebanyak 76. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes Three Tier Multiple Choice. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam tiga kategori yaitu Paham Konsep, Tidak Paham Konsep dan Miskonsepsi. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa kategori kemampuan pemahaman konsep memiliki presentase yang paham konsep sebesar 15, Tidak Paham Konsep sebesar 27 dan Miskonsepsi diperoleh presentase sebesar 58. Berdasarkan presentase ditemukan bahwa pengetahuan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru termasuk pada kategori Miskonsepsi dengan kriteria tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...