Abstrak. Studi ini meneliti tentang pengembangan model spiritual teaching untuk guru bidang studi sebagai upaya peningkatan kecerdasan spiritual siswa sman 14 makassar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual siswa dan mengetahui keterampilan pengajaran guru. subjek dalam penelitian ini adalah 183 siswa yang dipilih secara proporsional random sampling dan 55 guru bidang studi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 89 siswa memiliki kecerdasan spiritual rendah, 66 siswa memiliki kecerdasan spiritual sedang, dan 18 siswa memiliki kecerdasan spiritual tinggi. keadaan keterampilan pembelajaran guru-guru pada dasarnya sudah berlangsung dengan baik tetapi tidak sepenuhnya menggunakan pendekatan spiritual teaching. kecerdasan spiritual dapat membantu siswa mengimbangi ketiga jenis kecerdasan, yaitu eq, iq, dan sq untuk membentuk karakter siswa yang ideal.Kata Kunci: Spiritual Teaching, Kecerdasan Spiritual Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021