AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Vol 4 No 1 (2023): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education

Efektivitas Pengembangan Modul Gambar Teknik Mesin Berbasis Cooperative Learning Pada Mata Kulih Menggambar Teknik

Zulfadli Zulfadli (Universitas Negeri Padang)
Eliza Baharo (Universitas PGRI Palembang)
Wawan Purwanto (Universitas Negeri Padang)
Erik Fernandes (Universitas Negeri Padang)
Rahmadani Rahmadani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

This study aims to develop learning modules and produce effective modules in cooperative learning-based mechanical engineering drawing courses. The type of research used is development research, which we are more familiar with by the term Research & Development (R&D). This study uses the 4D model (four-D models). The 4D development procedures are Define, Design, Develop and Disseminate. The results of this study indicate that the difference in pretest and posttest learning outcomes is an increase of 19.4%, and seen from the aspect of learning activity, it is stated to be very high with an achievement percentage of 81.6%, it can be said that this development module is very effective in its application in engineering drawing courses machine. Based on the results of this study, it was concluded that the development of cooperative learning-based learning modules effectively improves student study results. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan menghasilkan modul yang efektif pada mata kuliah gambar teknik mesin berbasis cooperative learniang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian pengembangan yang lebih kita kenal dengan istilah Research & Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model 4D (four-D models). Prosedur pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar pretest dan posttest terdapat peningkatan 19,4%, serta dilihat dari aspek aktivitas belajar dinyatakan sangat tinggi dengan persentase pencapaian 81,6%, maka dapat dikatakan modul pengembangan ini sangat efektif penerapanya di mata kuliah gambar teknik mesin. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis cooperative learning ini efektif untuk untuk meningkatkan hasil studi peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aeej

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Education Energy Transportation

Description

Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. ...