Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pengembangan Digital Marketing dan Manajemen Keuangan bagi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Rohmayanti Rohmayanti (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Bonang Yusufa Rahmatian (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Rifki Adhea Syahrian (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Della Arifa Pitaloka (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Salsabila Yasmin (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Putri Febriyani (Universitas Muhammadiyah Magelang)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Pengembangan UMKM sangat strategis sebagai penggerak perekonomian nasional, karena berkontribusi terhadap pendapatan masyarakat miskin. Mata pencaharian penduduk Desa Sidomulyo Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang beragam, salah satu UMKM yang berkembang adalah “Konveksi dan Produksi Sablon Plastik” yang berlokasi di Dusun Drojogan. Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam produksi sablon yaitu belum memiliki sistem pencatatan keuangan dan belum optimalnya strategi pemasaran dengan sistem digital. Permasalahan tersebut memerlukan pendampingan untuk mengembangkan usaha produksi sablon ini. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui 3 tahap, tahap pertama perencanaan yang meliputi survey lokasi, penentuan kerjasama dengan mitra, pembentukan tim dan struktur tim. Tahap kedua meliputi pelaksanaan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dan tahap ketiga adalah tahap evaluasi kegiatan dan pelaporan. Hasil dari kegiatan ini pelaku UMKM sudah memiliki digital marketing berupa Instagram dan marketplace serta Facebook dan mitra sudah mampu mengelola keuangan manual secara efektif dan sudah memiliki brand atau logo produk. Kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan mitra UMKM dalam pengelolaan keuangan mandiri dan meningkatkan pemasaran melalui digital marketing. The development of MSME is very strategic as a driving force for the national economy because it contributes to the income of the poor. The livelihoods of the residents of Sidomulyo Village, Salaman District, and Magelang Regency are diverse; one of the growing MSMEs is "Convection and Plastic Printing Production". obstacles faced in the production of screen printing, namely the lack of a financial recording system and the lack of optimal marketing strategies with digital systems. These problems require assistance in order to develop this screen printing production business. The method of implementing community service is carried out in three stages. The first stage is planning, which includes site surveys, determining cooperation with partners, team formation, and team structure. The second stage is the implementation of socialization, training, and mentoring, and the third stage is the activity evaluation and reporting stage. As a result of this activity, MSME actors already have digital marketing in the form of Instagram and Facebook Marketplace, and they and their partners are able to manage manual finances effectively and already have a product brand or logo. This activity increases the ability of MSME partners to engage in independent financial management and increase marketing through digital marketing.

Copyrights © 2023