Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Bajawa Utara. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian one-group pre test post test design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bajawa Utara yang berjumlah 28 orang yang diperoleh dengan teknik Simple Random Samping dan dilihat dari tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu, dengan taraf kesalahan 5%. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai keterampilan proses sains siswa materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Analisis data dilakukan dengan paired sample t-test. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Bajawa Utara. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil analisis keterampilan proses sains yang diperoleh dari lembar observasi sebesar 81,96 dan rata-rata hasil analisis data pos test sebesar 82,35. Dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima.
Copyrights © 2023