Information Technology Education Journal
Volume 1, Issue 3, September 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Berbasis Android Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa

Vinni Melfionita (Unknown)
Zulhajji (Unknown)
Sanatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis android, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dan mengetahui tanggapan pengguna mengenai media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), versi Luther-Sutopo proses pengembangan dilakukan berdasarkan enam tahap yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan data (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Produk media pembelajaran berbasis android telah divalidasi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil validasi dua orang ahli materi dan dua orang ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diuji coba. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba satu-satu yang melibatkan 3 orang siswa, dan uji coba lapangan yang melibatkan 26 orang siswa. Hasil penelitian menghasilkan media pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Berbasis Android. Tanggapan siswa pada uji coba satu-satu dan uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik, disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INTEC

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

INTEC Journal is published by the Informatics and Computer Engineering Education Study Program at Makassar State University. INTEC Journal is published periodically three times a year, containing articles on research results and / or critical studies in the field of Informatics and Computer ...