ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 3 (2023): Volume 2 Nomor 3. Page: 307 - 439

Pendekatan Strategi Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Abu Hasdi (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Murdiana Murdiana (Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Darul Ilmi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Konsep Merdeka belajar antara pendidik dan peserta didik merupakan subjek di dalam sistem pembelajaran, yang berarti guru bukan dijadikan lagi sebagai sumber kebenaran oleh siswa namun pendidik dan peserta didik berkolaborasi menjadi penggerak dan mencari kebenaran dan posisi peserta didik di ruang kelas juga bukan untuk menanam atau menyeragamkan kebenaran untuk menurut pada guru namun menggali sebuah kebenaran, daya pikir dan kritisnya peserta didik melihat perkembangan dunia dan fenomena yang terjadi. adanya peluang dan berkembangnya internet, teknologi informasi menjadi sebuah momentum kemerdekaan belajar. Dengan ini dapat meretas sistem pendidikan yang kaku dan tidak membebaskan kebebasan untuk belajar dengan mandiri kreatif dan berinovasi dapat dilakukan oleh semua unit pendidikan. Saat ini antara guru dan peserta didik mempunyai pengalaman tersendiri termasuk di dalam sebuah lingkungan. Adaptasi sistem pendidikan di era revolusi industri 4.0 memulai stimulasi dengan proses literasi baru.

Copyrights © 2023