Epistema
Vol 4, No 1 (2023)

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Tomohon

Anggia Murni Liatahi (Universitas Negeri Manado)
Mersty E. Rindengan (Universitas Negeri Manado)
Fientje J. Oentoe (Universitas Negeri Manado)
Risal Marentek (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III di SD Negeri 2 Tomohon dengan penerapan model pembelajaran talking stick. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan II siklus. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 2 Tomohon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri II Tomohon yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penilaian dan tes hasil belajar dari siswa itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I setelah tindakan terlihat peningkatan tidak terlalu signifikan. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 55,7% dikatakan belum mencapai ketuntasan klasikal dan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 85%. Dengan demikian hasil yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan sehingga pelaksanaan tindakan dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...