Latar belakang penelitian ini adalah sejak awal berdiri pada tahun 2018, SD Islam Al-Quds Samarinda yang telah melaksanakan program Pendidikan Nasional dibawah naungan Kemendikbud RI seperti sekolah dasar pada umumnya. Namun, sekolah ini memiliki program unggulan yaitu program tahfidz Al-Qur’an. Dari program tahfidz tersebut, siswa mampu menghafalkan Al-Qur’an 1 juz setiap tahunnya. Selain itu, siswa mereka juga mampu meraih prestasi diberbagai bidang perlombaan baik tahfidz maupun perlombaan lainnya. Dan peneilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program Tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terkait manajemen program tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda. Data tersebut di analisi dengan menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yakni dengan kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz Al-Qur’an di SD Islam Al-Quds Samarinda menggunakan fungsi manajemen dengan baik, yaitu dengan tahapan: 1) Perencanaan program tahfidz Al-Qur’an dengan merumuskan tujuan, perencanaan materi, perencanaan pendidik, dan perencanaan evaluasi 2) Pengorganisasian dengan membuat struktur organisasi, penempatan pada struktur organisasi program tahfidz dan alokasi sumber daya, 3) Pelaksanaan dilakukan dengan proses pembelajaran tahfidz Al-Qur’an sesuai dengan perencanaan, 4) Pengawasan dengan melakukan observasi langsung kegaitan belajar, pemantauan progress hafalan, dan melakukan evaluasi pada proses dan hasil.
Copyrights © 2023