Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sapaya Kecamatan Bungaya

Nurfaidah (Unknown)
Syahruddin (Unknown)
Ratnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini adalah ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri sapaya kecamatan bungaya kabupaten gowa? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan deain penelitian One Group Pretest-Posttest Desain yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri sapaya kecamatan bungaya kabupaten gowa, tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri sapaya kecamatan bungaya kabupaten gowa  dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang siswa untuk pada tes awal (Pre-test) dan tes akhir (Post-test). Dari hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan media buku cerita lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan yaitu dengan penggunaan media buku cerita. Hal ini dibuktikan dengan Frekuensi dan persentase nilai kemampuan membaca yang diperoleh siswa pada (pretets) yaitu nilai 75 keatas sebanyak  3 orang dengan persentase 27,27% dari jumlah sampel, sedangkan siswa yang mendapat nilai 74 kebawah sebanyak 8 orang dengan persentase 72,72% dari jumlah sampel. Sedangkan frekuensi dan persentase nilai kemampuan membaca yang diproleh siwa pada (posttest)  yaitu nilai 75 keatas sebanyak 10 orang dengan persentase 90,90% dari jumlah sampel, sedangkan nilai 74 kebawah sebanyak  1 orang dengan persentase 9,1% dari jumlah sampel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...