Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2023

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Siswa Kelas VI UPT SPF SD Inpres Barombong III

Asmiati (Unknown)
Nurlina (Unknown)
Nurul Magfirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group, dengan dua kelompok yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPA terhadap kemampuan menyelesaikan soal HOTS siswa kelas VI UPT SPF SD Inpres Barombong III. Hal ini terlihat pada rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang hanya mencapai 76, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 89. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan paired sample test diperoleh nilai thitung = 15.840, sedangkan nilai ttabel = 1.729. Berdasarkan hasil yang diperoleh karena thitung > ttabel (thitung = 15.840 > ttabel = 1.729), dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...