Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

Hubungan Perilaku Asertif dengan Sikap Sosial (Studi Siswa kelas V di UPT SD Inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone)

Hafid, Abdul (Unknown)
Nurdin, Makmur (Unknown)
_, Nurlaela (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada hubungan signifikan antara perilaku asertif dengan sikap sosial siswa kelas V UPT SD inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPT SD inpres 6/75 Manurunge, jumlah sampel penelitian ini adalah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil statistik deskriptif diperoleh hasil perilaku asertif siswa memiliki rata-rata 78,04 dan persentase 77,26% dengan kategori tinggi sedangkan sikap sosial siswa memiliki rata-rata 88 dan persentase 76,52% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan (0,426 0,263) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara perilaku asertif dengan sikap sosial siswa kelas V UPT SD inpres 6/75 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang. Semakin tinggi perilaku asertif, maka semakin tinggi sikap sosial siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...