JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 19, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus

Kepuasan Mahasiswa Tunanetra terhadap Proses Pembelajaran Daring di Universitas Negeri Makassar

Wahyudi HN (Universitas Negeri Makassar)
Muzayyinah Al-Usrah (Universitas Negeri Makassar)
Nur Aziza (Universitas Negeri Makassar)
Raodatul Jannah Jannah (Universitas Negeri Makassar)
Tiara Anggun Mauladi (Universitas Negeri Makassar)
Yoga Indar Dewa (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa tunanetra terhadap pelayanan pembelajaran daring di Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menyajikan data berbentuk deskripsi dari perspektif informan, kemudian melakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur pemecahan masalah yang diteliti yaitu dengan menggambarkan subjek atau objek dalam penelitian berdasarkan fakta dan hubungan antar fenomena yang diselidiki. Subjek pada penelitian ini yaitu empat orang mahasiswa tunanetra yang di Universitas Negeri Makassar. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini sesuai dengan tiga aspek yang diukur yaitu (1) meningkatnya rasa malas mahasiswa tunanetra selama pembelajaran daring; (2)  mahasiswa tunanetra tidak dapat mengakses pembelajaran yang bersifat visual; (3) tidak semua buku digital dapat diakses oleh tunanetra; (4) kondisi jaringan menjadi salah satu penentu efektifitas pembelajaran (5) masih mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...