Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA BAYU

Munawarah, Munawarah (Unknown)
Fajriana, Fajriana (Unknown)
Listiana, Yeni (Unknown)
Maryana, Maryana (Unknown)
Aklimawati, Aklimawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, model ADDIE terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini adalah  angket, yaitu angket validasi dosen ahli, guru ahli materi, dan angket respon siswa. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket sedangkan data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran validator. Berdasarkan hasil validasi dari dosen ahli diperoleh rata-rata presentase sebesar 79,8% dengan kategori layak, hasil validasi guru ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,7% dengan kategori sangat layak, hasil respon uji coba kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 80,8% dengan kategori praktis dan hasil respon uji coba kelompok besar diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,6% dengan kategori sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis RME terhadap kemampuan literasi matematis siswa layak dan sangat praktis digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...