Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 7, No 2 (2023): Attadib: Journal of Elementary Education

Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Magnet di Kelas 6 SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan

Gustiani, Gustiani (Unknown)
Aufa, Aufa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Mewujudkan hasil belajar yang diinginkan guru perlu memperhatikan beberapa hal yang harus digunakan pada proses pembelajaran supaya tidak monoton dan mewujudkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, salah satu diantaranya penggunaan model pembelajaran. Tujuan dari melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar IPA siswa kelas 6 SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan dipengaruhi oleh Model Student Facilitator and Explaining. Dengan menggunakan desain quasi-experimental dan metode penelitian kuantitatif, data uji-t penelitian ini dianalisis. Rata-rata hasil uji-t dari pretest dan posttest menunjukkan tingkat signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa model student facilitator and explaining berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan menunjukkan adanya perbedaan antara kedua tes tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada dampak yang cukup besar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 6 SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan dengan adanya penggunaan model student facilitator and explaining.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...