BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 3 No. 1 (2023)

KEKAYAAN JENIS SEMUT (Hymenoptera: Formicidae) DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) SURANADI DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN SAINS DI SD

Muhammad Syazali (Universitas Mataram)
Mutmainnah Mutmainnah (Universitas Mataram)
Muhammad Erfan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekayaan spesies Semut (Ordo Hymenoptera) di Taman Wisata Alam (TWA) Suranadi Pulau Lombok Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratif yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan sampel dilakukan selama rentang bulan September 2021 di tiga tipe habitat yaitu jalur tengah, air dan pinggir hutan. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Jelajah. Metode jelajah dalam pengumpulan sampel ini dilakukan dengan menjelajahi jalur tengah, jalur air, dan jalur kiri di kawasan TWA Suranadi. Hasil penelitian menunjukkan ada 6 spesies semut dari ordo Hymenoptera. Spesies-spesies tersebut adalah Camponotus vagus, Camponotus sp (semut tukang kayu), Paraponera Clavata (Semut Peluru), solenopsis geminata (semut merah), Monomorium minimum (semut hitam kecil) dan Ochetellus glaber. Untuk relvansinya pada pembelajaran sains, terdapat dua subtema yang sangat sesuai yaitu Subtema 2 Keberagaman makhluk hidup di lingkunganku dan Subtema 1 Komponen ekosistem. Adapun subtema yang sesuai di antaranya Subtema 1 Benda hidup dan benda tak hidup di sekitarku, Subtema 2 Hewan di sekitarku (kelas 1), Subtema 1 Hewan di sekitarku (kelas 2), Subtema 2 Manfaat hewan bagi kehidupan manusia (kelas 3), Subtema 2 Pemanfaatan kekayaan alam di indonesia (kelas 4), Subtema 2 Hubungan makhluk hidup dalam ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan ekosistem (kelas 5), Subtema 2 Hewan sahabatku, dan Subtema 3 Ayo, menjadi penemu (kelas 6).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...