Navigation Physics : Journal of Physics Education
Vol 5, No 1 (2023): Navigation Physics : Journal of Physics Education Vol. 5 No. 1 Tahun 2023

Nilai Ekspektasi Momentum Elektron Atom Tritium Dalam Ruang Momentum Dengan Bilangan Kuantum Utama n≤3

Bambang Supriadi (Jember University)
Novita Risna Sari (Jember University)
Evie Rahmawati (Jember University)
Hana Mardhiana (Jember University)
Wildatul Firdausyiah (Jember University)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai ekspetasi momentum elektron dalam atom tritium. Dari hasil perhitungan simulasi numerik didapatkan hasil perhitungan nilai ekspetasi momentum dengan variasi bilangan kuantum utama  dan interval momentum . Hasil analisis menunjukkan bahwa ketika  dengan batas interval yang sama pada , nilai ekspetasi momentum elektron cenderung menurun seiring dengan peningkatan bilangan kuantum utama . Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi energi elektron dalam atom tritium, semakin kecil nilai ekspetasi momentumnya. Selain itu, jika dilihat dari kenaikan interval momentum, ditemukan bahwa nilai ekspetasi momentum cenderung meningkat seiring dengan peningkatan interval momentum . Penelitian ini juga membandingkan nilai ekspetasi momentum untuk setiap nilai n pada interval  yang sama, dan hasilnya menunjukkan bahwa semakin besar bilangan kuantum utama , semakin kecil nilai ekspetasi momentumnya. Dalam konteks ini, semakin tinggi energi elektron (nilai n) dalam atom tritium, semakin kecil nilai ekspetasi momentumnya. Temuan ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang hubungan antara bilangan kuantum utama, interval momentum, dan nilai ekspetasi momentum dalam konteks atom tritium.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpeu

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Navigation Physics : Journal of Physics Education is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory development, or program applications related to Physics Education in across settings. The journal is concerned with the ...