Jurnal Pendidikan Sang Surya
Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Sang Surya

URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA DI ERA DIGITAL

Neneng Siti Maryam (Universitas Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penerapan pendidikan karakter bagi mahasiswa di era digital dapat diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan yang tepat. Pendidikan karakter merupakan proses pengenalan moralitas dan agama kepada mahasiswa melalui pembiasaan, penguatan dan pengembangan perilaku. Pendidikan karakter bagi mahasiswa sangat penting untuk mengatasi krisis moral yang saat ini sedang terjadi, karena dengan penguatan karakter, mahasiswa akan dibekali sehingga memiliki landasan karakter yang baik untuk dapat mengatasi krisis moral. Tujuan dari tulisan ini adalah mendeskripsikan pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa di era digital dan penerapannya pada mahasiswa bertujuan untuk menghasilkan generasi muda yang disiplin, jujur, bertanggung jawab, toleran, percaya diri, komunikatif dan kreatif, sesuai dengan cita-cita Pancasila agar dapat membangun generasi yang bermoral. Metode yang digunakan adalah deskpriptif kualitatif dengan jenis penelititan studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk menahan kemerosotan moral dan etika sehingga pendidikan karakter harus digalakkan sejak awal masuk perguruan tinggi. Pendidikan karakter memberikan bekal kepada mahasiswa berupa lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila yang harus dikokohkan yaitu: religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan gotong royong. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan. Kata kunci: pendidikan karakter, mahasiswa, era digital, nilai-nilai karakter

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpss

Publisher

Subject

Education

Description

1.Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran; 2.Kegiatan dan proses dalam pembelajaran; 3.Evaluasi dan hasil pembelajaran; 4.Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan; dan 5.Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses ...