ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 5 (2023): Volume 2 Nomor 5. Page: 584

Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di UPT SMA Negeri 9 Sidrap

Besse Herlina (Universitas Puangrimaggalatung)
Sumarni Sumarni (Universitas Puangrimaggalatung)
Jukarnang Rustan (Universitas Puangrimaggalatung)
Baso Bambang Juni Edi (Universitas Puangrimaggalatung)
Mirawati Mirawati (Universitas Puangrimaggalatung)
Nurshafika Dewi (Universitas Puangrimaggalatung)
Hendra Agustiawan (Universitas Puangrimaggalatung)
Aminul Mu’min (Universitas Puangrimaggalatung)
Jusma Ayu Wardani (Universitas Puangrimaggalatung)
Hardiati Sanusi (Universitas Puangrimaggalatung)
Andi Nurnajmi (Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kinerja dapat diartikan sebagai kemampuan seorang pegawai untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, yang dapat diukur melalui sejumlah faktor seperti kualitas dan kuantitas hasil kerja. Dorongan atau semangat belajar siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi kualitas prestasi belajar siswa. Semangat belajar siswa muncul dari dalam diri siswa dan mendorong siswa untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu dan fokus pada pencapaian prestasi. Proses belajar mengajar yang berkualitas juga mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa di kelas. Untuk memastikan proses pembelajaran di kelas berjalan lancar, penting bagi guru untuk memiliki kompetensi dan kinerja yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui dua cara yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase, analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien regresi sederhana. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kinerja guru di UPT SMA Negeri 9 Sidrap mendapatkan penilaian yang sangat baik, dengan persentase sebesar 88,1 %. Selain itu, motivasi belajar siswa diUPT SMA Negeri 9 Sidrap juga berada dalam kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 88,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi Kinerja Guru di UPT SMA Negeri 9 Sidrap, maka Motivasi Belajar Siswa juga akan meningkat. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kinerja guru memiliki pengaruh sebesar 86 %. terhadap motivasi belajar siswa, sementara sisanya sebesar 14% dipengaruhi oleh faktor lain yangtidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023