Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 1 Nomor 2, Agustus 2021

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA MATERI BUNYI PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL JAMBI

Jufrida Jufrida (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Wawan Kurniawan (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Fibrika Rahmat Basuki (Tadris Fisika UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia)
M. Fikri Oksaputra (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisional Jambi dan mengetahui persepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media serta 55 siswa MAN 2 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes diagnostic, serta angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisioanl Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini menjelaskan pengetahuan asli masyarakat tentang alat musik Gong Buleuh dan Suling Bambu yang kemudian direkontruksi menjadi pengetahuan ilmiah. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperoleh hasil 93,33 dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 93,33 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 77,79 dengan kategori baik. Buku pengayaan fisika materi bunyi pada alat musik tradisioanl Jambi layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...