Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 1 Nomor 1, April 2021

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Ika Wahyuni (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Maison Maison (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Haerul Pathoni (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Pemilihan kelompok peminatan mata pelajaran pada tingkat SMA yang dilakukan oleh siswa pada Kurikulum Tahun 2013 berkaitan dengan kemampuan dasar umum (kecerdasan), bakat, minat dan juga kecenderungan pilihan dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun hal ini tidak sepenuhnya menjamin siswa yang memilih kelompok peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) tidak mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran bidang IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan uji keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada pelajaran Fisika dilihat dari sikap, kesadaran diri dan kesiapan siswa saat belajar. Siswa cenderung menyukai materi fisika yanf banyak melibatkan kemampuan berhitung. Metode pembelajaran yang digunakan guru mempengaruhi tingkat ketertarikan siswa untuk belajar. Pemberian tugas yang terlalu banyak bagi siswa menyebabkan penurunan minat belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...