Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 2 Nomor 2, Agustus 2022

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA PERAHU TRADISIONAL JAMBI

Jufrida Jufrida (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Rahma Dani (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Nabila Eka Wijaya (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengembangkan buku pengayaan fisika SMA berkonteks kearifan local pada perahu tradisional Jambi dan mengetahui presepsi siswa terhadap buku pengayaan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementattion, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media serta 30 siswa SMAN 1 Kota Jamb dan SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes diagnostic, lembar validasi ahli, serta angket respon siswa. Penelitian ini menghasilkan buku pengayaan fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi yang dicetak dalam ukuran A5. Buku pengayaan ini menjelaskan pengetahuan asli masyarakat tentang perahu tradisional yang kemudian direkontruksi menjadi pengetahuan ilmiah. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek materi diperolehhasil 93.33 dengan kategori sangat baik dan pada aspek media diperoleh hasil 89,19 dengan kategori sangat baik. Hasil uji kepraktisan buku pengayaan mendapatkan hasil 89,19 dengan kategori baik. Buku pengayaan fisika SMA pada perahu tradisioanl Jambi layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...