JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Himpunan

Ewin Simbolon (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Rebika Afrina Br Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Hardi Tambunan (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Samuel Juliardi Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Efron Manik (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Simon Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Pollung. Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimen dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Pollung. Sampel dalam penelitian terdiri dari 1 kelas (n=36). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1). Ada pengaruh pembelajaran dengan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa (2). Besar pengaruh pembelajaran dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah 92,3%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...