JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran

Mai Sri Lena (Universitas Negeri Padang)
Hana Shilfia Iraqi (Universitas Negeri Padang)
Marsya Diani Putri (Universitas Negeri Padang)
Nurul Fitri Annisa (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Belajar adalah bagaimana kita dapat mempelajari sesuatu dari apa yang belum diketahui. Dalam belajar, diperlukan beberapa faktor yang dapat mendukung keberhasilan suatu pemsbelajaran. Faktor tersebut diantaranya adalah motivasi dan minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi dan minat belajar apakah dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang khususnya yang mengambil mata kuliah perencanaan pembelajaran. Sebanyak 45 orang mahasiswa diberikan angket dengan 46 pertanyaan terkait motivasi dan minat belajar dalam mata kuliah Perencanaan Pembelajaran untuk menentukan hubungan antara variabel yaitu Motivasi (X1), Minat (X2) dan Hasil belajar (Y). Sedangkan hasil belajar diperoleh dari penilaian kinerja mahasiswa selama satu semester. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa uji diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi diantara variabel. Berdasarkan penelitian, ditemukan pengaruh antara motivasi dan minat terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...